KIM GARUT

“Nyaneut Festival 2018” Hadir Dalam Balutan Budaya Kepedulian

Garut Jawa Barat ,- Helaran budaya terbesar di Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali akan di helat Komunitas budaya dan seni yang disokong penuh Kelompok Informasi Masyarakat berbasis seni budaya yakni KIM Nyaneut Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut, Jawa Barat pada tanggal 22 Oktober 2018 mendatang.

Penggiat budaya kabupaten Garut yang juga penggagas Nyaneut Festival, Dasep Badrussalam menyatakan event tahunan budaya yang kini masuk tahun ke lima akan kembali hadir dengan balutan Budaya Kepedulian dimana salah satu mata acara yang diusung adalah menggugah rasa kepedulian bagi warga gempa dan tsunami Sulawesi Tengah melalui kegiatan bakti sosial bersama sejumlah komunitas lainnya dalam besutan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut.

“kami tetap konsisten mempertahan Nyaneut Festival yang kini makin ditunggu tunggu kehadirannya. Moment ini jadi bagian dari wujud kepedulian kami terhadap sesama,”kata Dasep dikonfirmasi Sabtu (13/10/2018).

Menurutnya pihak panitia terus melakukan inovasi dan terobosan dalam melestarikan budaya minum teh bersama yang dikenal dengan “nyaneut” atau mengkonsumsi makanan dan minuman hangat-hangat.

“nyaneut ini yang menjadi unggulannya adalah minum teh khas kaki gunung Cikuray dengan perkebunan yang membentang luas sejauh mata memandang di Kecamatan Cigedug dan Cikajang,”ungkapnya.

Inovasi yang dilakukan lanjut Dasep dengan memoles dan menggali seluruh potensi seni dan budaya masyarakat lokal terkait kebiasaan minum teh dengan segala keunikanya.

“insya alloh pada helaran Nyaneut Festival 2018 ini akan makin menarik dan makin kaya ragam seni dan budaya yang ditampilkan,”ujarnya.

Dasep juga menyebut sebagai wujud empaty terhadap musibah gempa dan tsunami Sulawesi Tengah pada sore hari menjelang Nyaneut Festival akan digelar kegiatan charity bersama ratusan seniman cukur rambut dengan menggelar cukur massal peduli Palu, Sigi dan Donggala.

“ada partisiasi para seniman cukur Garut untuk menggalang dana kepedulian dengan siap mencukur warga sepuasnya cukup bayar seikhlasnya untuk warga korban gempa dan tsunami Sulteng,”pungkasnya.***JMB

KIM GARUT

Add comment

Ikuti Kami

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.