KIM GARUT

FK-KIM Garut Ikut Sosialisasi Jabar Saber Hoax

KIMGARUT.COM ,- Tim Jabar Saber Hoax mengandeng Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut menggelar kegiatan sosialisasi dengan menghadirkan sejumlah nara sumber untuk memberikan pemahaman terhadap sejumlah perwakilan warga dari berbagai latar belakang di Kabupaten Garut, Rabu (6/3/2019)

Acara yang berlangsung di Aula pertemuan Kantor Bakorwil Priangan di Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut di Buka Kepada Dinas Kominfo Garut Nurdin Yana serta meminta Ketua FK-KIM Garut Janur M. Bagus, Perwakilan Tim Jabar Saber Hoax Alfianto serta Google Trainer Pikiran Rakyat Deni Yudiawan untuk membedah terkait Hoax dan proses penyebarannya.

Alfianto dari Tim Jabar Saber Hoax mengatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terkait pembentukan Jabar Saber Hoax serta peran dan fungsinya dalam melakukan pemberantasan Hoax yang masih terus muncul dan meresahkan warga masyarakat.

“sudah banyak pengaduan serta upaya yang dilakukan Tim Jabar saber Hoax sejak dibentuk dan dilounching dalam upaya menangkal berita-berita bohong tersebut,”Kata Alfianto sambil menjelaskan ciri-ciri berita yang termasuk kategori hoax.

Janur M Bagus dalam sesi materinya menyebut hoax dalam persepsi Kelompok Informasi Masyarakat adalah telah menjadi menu makanan setiap hari sehingga upaya-upaya klarifikasi terhadap berita hoax telah dilakukan dengan mudah dalam internal KIM.

“Bagi KIM bergelut melawan berita hoax sudah cukup lama sehingga secara formulasi untuk sekedar mencari tahu berita tersebut Hoax atau bukan di internal KIM cukup gampang dikelani dengan menyasar konfirmasi lewat jejaring KIM yang luas dan berada diseluruh lapisan masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu, Deni Yudiawan yang juga wartawan senior Pikiran Rakyat Bandung dalam pemaparan materinya memberikan gambaran serta petunjuk secara detail terkait metode atau cara mengetahui berita bohong atau hoax melalui pendekatan teknologi digital yang makin canggih keberadaanya.

Deni juga memeberikan tips tips mudah untuk menggunakan smart phone milik masing-masing warga untuk digunakan agar mampu digunakan untuk mendeteksi konten-konten hoax yang beredar baik gambar maupun audio visual.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang digunakan para peserta untuk mengorekinformasi lebih detai terkait berita hoax serta peran dan fungsi dari lembaga-lembaga anti hoax yang ada.***jmb

KIM GARUT

Add comment

Ikuti Kami

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.